Sunday, March 30, 2014

Review Mines Of Mars – Begini toh Rasanya Bertahan Hidup Di Mars

Minggu lalu kita kedatangan sederet game yang memiliki kualitas yang cukup bagus, dan satu di antaranya adalah Mines Of Mars. Sebelumnya saya pernah memperkirakan bahwa dalam Mines of Mars kamu akan mendapatkan tugas untuk menyelamatkan planet Mars. Setelah memainkangame ini dalam waktu yang cukup lama, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan bahwa menyelamatkan planet Mars bukanlah tujuan yang ada di dalam game ini. Lalu apa tujuannya?
Hampir 5 hari terakhir ini saya benar-benar “menggali” lebih jauh apa yang sebenarnya ditawarkan oleh game Mines Of Mars. Ternyata tujuan utama dalam game ini adalah kamu harus bertahan selama mungkin di planet Mars dan bukan menyelamatkan planet tersebut.
Dalam Mines Of Mars kamu akan berperan sebagai seorang penambang sekaligus satu-satunya orang yang selamat dalam misi eksplorasi di planet Mars. Sambil menunggu tim penyelamat datang menjemput kamu yang entah kapan bisa sampai, kamu harus bertahan hidup di sana dengan mencari material-material yang bisa kamu gunakan untuk upgrade semua item serta senjata yang kamu miliki. Supaya lebih seru, anggaplah kamu berperan sebagai Harry Stamper (Bruce Willis) dalam film Armageddon yang kali ini tidak mendarat di sebuah komet tetapi di planet Mars.
Mines Of Mars | Screenshot 1
Kamu tidak perlu membangun bangunan apapun seperti game sandbox lainnya. Semuanya sudah dipersiapkan, seperti tempat memotong gem, bangunan crafting sampai teleport untuk pindah ke area pertambangan. Tugas kamu hanya menggali dan menggali saja sampai item dan senjata yang kamu miliki benar-benar membuat kamu dapat bertahan hidup lebih lama di Mars.
Pertama kali bermain kamu akan diberikan tutorial untuk pergi ke area pertambangan dengan menggunakan teleport. Begitu sampai di area pertambangan kamu akan diminta untuk mencari material-material seperti copal, iron dan bronze. Setelah itu kamu harus membawa semua material tersebut kembali ke permukaan Mars dengan teleport yang sama. Namun kamu juga harus tetap memperhitungkan sisa bahan bakar untuk jetpack kamu. Jangan sampai bahan bakar tersebut keburu habis sebelum kamu bisa kembali ke teleport. Indikator sisa bahan bakar dapat kamu lihat di bagian kanan bawah layar.
Begitu sampai di permukaan kamu harus membawa material tersebut ke tempat pembentukangem, agar nantinya material mentah tersebut dapat digunakan. Misalnya dari material 1 iron bisa kamu bentuk menjadi 1 iron ingot. Setelah itu kamu bisa bergerak ke bangunan crafting untuk mulai melakukan upgrade untuk item yang kamu miliki. Sebagai contoh jika kamu ingin membuatiron pickaxe, maka kamu membutuhkan 5 iron ingot. Sedangkan untuk membuat bronze pickaxekamu membutuhkan 1 opal stone, 1 iron ingot dan 1 bronze ingot.
Sayangnya pertama kali kamu bermain kamu hanya dapat membawa 5-10 material mentah saja dalam sekali perjalanan. Sehingga jelas betapa pentingnya melakukan upgrade untuk item yang kamu gunakan supaya perjalanan yang kamu lakukan pun semakin efisien. Begitu juga dengan pistol serta jetpack yang kamu miliki. Semakin bagus senapan dan jetpack yang kamu miliki, maka perjalanan yang kamu lakukan pun bisa semakin jauh dan semakin mudah melawan alien.
Mines Of Mars | Screenshot 2
Satu hal yang membuat saya agak kesulitan adalah kontrolnya. Berjalan dapat kamu lakukan dengan cara tap di bagian kiri layar kemudian drag ke arah mana kamu ingin berjalan. Sedangkan untuk menggunakan jetpack, kamu harus tap dan hold sampai jetpack aktif, baru kemudian kamu dapat terbang. Sedangkan untuk menggali kamu harus tap kemudian drag ke bagian mana tanah yang ingin kamu gali.
Belum lagi, kontrolnya yang terkadang kurang responsif. Terkadang saya ingin menggali, justru saya malah bergerak begitu juga sebaliknya. Hal ini tentu saja menjadi jauh lebih sulit dibandingkan dengan game sandbox lainnya yang cukup menggunakan kontrol tap untuk menggali. Sedangkan kontrol ketika menembak, kamu dapat tap dan hold di bagian kanan layar, baru kemudian kamu bisa mengarahkan arah tembakan kamu. Lagi-lagi kontrol untuk menembak ini pun tidak terlalu responsif. Tidak jarang saya ingin menembak ke atas, namun pistol keburu menembak ke arah bawah atau depan.
Namun terlepas dari kontrolnya yang kurang membuat saya nyaman ketika bermain, saya justru dibuat sangat nyaman dengan sisi presentasi dari game ini. Kualitas grafis dalam Mines Of Marsbisa dibilang sudah digambarkan dengan cukup baik dan detail. Saya sendiri sangat suka dengan perubahan dari siang ke malam yang sangat smooth ketika bermain. Selain itu musik dan sound effect ketika bermain pun tidak saling tumpang tindih.
Mines Of Mars | Screenshot 3
Sama seperti kebanyakan game sandbox lain, Mines Of Mars dapat kamu beli seharga Rp 49.000.Game ini juga tidak memiliki IAP di dalamnya. Sebaliknya kamu justru akan mendapatkan sensasi bertualang, menambang sekaligus melawan alien berukuran besar di Mars, yang belum tentu bisa kamu selesaikan berhari-hari.
Secara keseluruhan Mines Of Mars adalah game yang sangat layak untuk dimainkan. Dengangameplay yang sedikit berbeda dengan game sandbox lainnya, Mines Of Mars harusnya bisa menjadi alternatif untuk kamu yang mungkin sudah bosan dengan Minecraft atau game sejenis yang lainnya.
Apple App Store Link : Mines Of Mars, Rp 49.000

No comments:

Post a Comment